10 Tips Membaca Efektif

Berdasarkan penelitian yang dilakukan 2003 terhadap kemampuan membaca pada orang dewasa di Amerika, hasilnya ada 31 % sarjana di sana yang bisa dianggap punya kemampuan membaca efektif.1   Kemampuan membaca efektif diliahat berdasarkan kemampuan pembaca tersebut mengumpulkan informasi dari beberapa bagian berbeda pada teks, kemudian menganalisanya. Jika informasi-informasi tersebut sesuai satu dengan lainnya, ia bisa membuat kesimpulan berdasarkan teks tadi.

Dalam skala Indonesia Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2012 menempatkan posisi membaca siswa Indonesia di urutan ke 57 dari 65 negara yang diteliti. “PISA menyebutkan, tak ada satu siswa pun di Indonesia yang meraih nilai literasi ditingkat kelima, hanya 0,4 persen siswa yang memiliki kemampuan literasi tingkat empat2.

Untuk meningkatkan kemampuan membaca kita, Berikut ringkasan tips membaca yang efektif. Referensi utama didapat dari buku Extreme Productivity yang ditulis oleh Robert C. Pozen.

  1. Jangan mengutamakan pada banyaknya kata yang mampu And abaca dalam semenit, tapi tingkatkanlah kecepatan membaca hanya pada bagian yang penting menurut Anda.
  2. Sebelum Anda memilih satu teks untuk dibaca, pertimbangkan apa alasan anda untuk membaca. Apakah Anda ingin mempelajari pendapat umum si penulis? Ataukah ingin mencari fakta tertentu.
  3. Anda harus memiliki alsan yang jelas mengapa Anda ingin membaca Koran atau sumber berita tertentu. Apa yang Anda bisa dapatkan dari media itu tapi tidak bisa didapatkan dari media lainnya?
  4. Perhatikan struktur teks tersebut, terutama heading-nya, sebelum membaca.
  5. Bacalah pendahuluan dengan cermat, temukan inti atau kalimat pokoknya dan juga paragraph yang menunjukkan susunan teks tersebut.
  6. Bacalah kesimpulannya sebelum Anda membaca tubuh teks tersebut. Kebanyakan, kesimpulan menunjukkan arah yang dituju oleh si penulis, termasuk poin-poin pentingnya.
  7. Jangan teruskan membaca sebuah paragraph jika paragraph tersebut hanya mengulang poin-poin yang sudah Anda ketahui, atau isinya tidak sejalan dengan tujuan yang Anda canangkan sejak awal.
  8. Tetap fokus untuk menemukan apa yang ingin Anda ingat dari sebuah artikel.
  9. Tuliskan secara singkat ide-ide yang ingin Anda ingat jika telah selesai membaca.
  10. Jika Anda membaca untuk mengevaluasi analisis si punulis, maka tuliskan tahapan yang dilakukan si penulis dalam mempertahankan pendapatnya.

Demikian tips membaca yang efektif. Semoga bermanfaat……

#KomunitasAnakGammara’

  1. Statistic Canada, Learning a Living : First Result of The Adult Literacy and Lifeskill Survey
  2. http://www.republika.co.id/berita/koran/didaktika/14/12/15/ngm3g840-literasi-indonesia-sangat-rendah

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *