Tips Pilih Jurusan bagi Mahasiswa Baru

Kamu pengen kuliah jurusan apa?

Bagi adek-adek yang telah lulus SMA dan ingin lanjut kuliah nanti akan ketemu dengan pertanyaan di atas. “Kamu pengen kuliah jurusan apa?”, …………………… (ayo adek-adek isi).

Jawaban adek-adek untuk pertanyaan di atas bisa saja muncul dengan berbagai motif dan motivasi. Ada yang karena ikut selera orangtua, kerena jurusannya keren dan bergengsi, ada yang karena nanti setelah lulus mudah dapat kerja, mau kuliah bareng teman, atau karena suka jurusannya, dan yang paling terakhir bisa jadi karena terpaksa di jurusan itu (he..he..he…he…).

Memilih jurusan adalah salah satu hal yang sangat penting. Pilihan jurusan nantinya akan banyak berpengaruh pada saat adek-adek kuliah dan lebih penting lagi setelah kuliah. Jangan sampai nantinya ada yang merasa salah jurusan. Jadi-nya kuliah asal-asalan, ikut kuliah hanya formalitas, jadi mahasiswa 4D (datang, duduk, dengar, diam). Pulang tidak bawa apa-apa, tidak mendapatkan apa-apa, dan pastinya tidak menghasilkan apa-apa.

Dalam tulisan pertama seri #mahasiswabaru ini sedikit berbagi TIPS memilih jurusan. Mudah-mudahan bisa membantu adek-adek.

Tips nya adalah pilihlah jurusan berdasarkan PASSION adek-adek. Jadi memilih jurusannya orientasi pada diri adek-adek, bukan pada orientasi jurusannya. Bukan jaman-nya lagi memilih jurusan karena jurusan itu keren. Karena sesungguhnya yang Keren dan Unik itu Adek-adek sendiri, bukan jurusannya. Semua jurusan bagus, tinggal apakah adek-adek bisa mengembangkan dan memberdayakan diri dengan jurusan itu.

Pilihlah jurusan yang adek-adek senangi/cintai, dan yang sesuai dengan potensi adek-adek. Itulah yang saya maksud memilih jurusan berdasarkan PASSION. Cobalah melihat kedalam diri tentang apa yang paling disenangi dan potensi yang di miliki.

Bagaimana cara untuk menemukan PASSION…..?

Jangan cari PASSION –nya di Om Google yaa, pastinya adek-adek tidak menemukannya. PASSION itu ada dalam diri adek-adek. Cobalah untuk mengingat ingat pelajaran apa yang paling disukai, pekerjaan apa yang paling senang dilakukan, skill apa yang dimiliki,

Yang kedua menemukan PASSION bisa mencoba dengan metode Ilmiah dibeberapa lembaga konsultan pengembangan diri. Yang recommended salah satunya tes STIFIN, karena hasil tesnya menampilkan beberapa pilihan jurusan yang cocok dengan dirimu.

Cukup sampai disini tulisan seri 1 #mahasiswabaru. Selamat mencari dan temukan PASSION mu.

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *