Berkah

Ziyadatul khair “bertambahnya kebaikan”, demikian menurut Imam Al-Gazali tentang arti berkah. Adapun Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim, berkah memiliki dua arti. Pertama berkah adalah tumbuh, berkembang, atau bertambah. Kedua berkah berarti kebaikan yang berkesinambungan.

Jika demikian, maka kita akan sampai pada satu ciri keberkahan yakni “kebaikan yang bertambah dan juga berkesinambungan”. Ciri inilah yang menjadi alat ukur bagi seluruh sendi kehidupan kita. Usia, harta, pernikahan, pangkat dan jabatan, dan seluruh amal ibadah kita akan mengacu pada alat ukur tersebut.

Maka barangkali secara pribadi-pribadi, bolehlah kita mengukur apakah amalan ibadah pada bulan Ramadhan kemarin. Berkah ataukah tidak?.

Saya hanya mencoba menerka. Orang yang diberkahi adalah sesorang yang dikabarkan Rasulullah saw bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya kepada manusia yang lain. Harta yang diberkahi adalah harta yang diibaratkan sebutir benih dalam Al-Qur’an bahwa “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui” (Al Baqarah : 261).

Lalu bagaimana meraih keberkahan dari Allah?
Allah melalui Rasul-Nya dalam Al-Qur’an menerangkan bahwa kunci keberkahan itu adalah keimanan dan ketaqwaan.
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al-a’raf : 96)

Ramadhan menjadi bukti korelasi antara keimanan dan keberkahan kehidupan. Puncak spritualitas umat muslim ada pada bulan ini. Disaat yang sama kita merasakan bagaimana suasana kehidupan sosial yang terjadi. Hampir seluruh umat islam pada bulan ini tercukupi kebutuhannya. Baik yang miskin apalagi yang kaya. Dari anak-anak hingga orang tua. Dari kota hingga kepelosok.

agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *