Opus Die

Para anggota Opus Dei menetapkan bahwa kelompok ini didirikan pada 2 Oktober 1928 yang dipelopori seorang rohaniawan muda yang bernama Josemaria Escriva. Pada saat itu dia mendeskripsikan bahwa ” pada 2 oktober 1928, hari para Malaikat Pelindung- saat ini sudah 40 tahun berlalu, Tuhan menghendaki agar Opus Dei muncul, sebuah mobilisasi umat kristen yang bersedia mengorbankan diri demi kebahagiaan orang lain, menjadikan bersifat ilahi seluruh jalan manusia di muka bumi, menguduskan setiap kerja kebaikan, setiap pekerjaan jujur, setiap pekerjaan duniawi.”

Di era kemunculan gereja-geraja baru, Opus Dei menawarkan alternatif yang kental dengan nuansa klasik. Menurut Annuario Pontificio 2004, buku tahunan resmi vatikan, OD memiliki total anggota 85.491 orang atau sama dengan 0,008% dari populasi katolik diseluruh dunia yang berjumlah 1,1 Miliar.

Ide inti yang diungkapkan Escriva dalam visi 1928 adalah pengudusan kehidupan sehari hari umat yang mengamalkan injil dan ajaran gereja seutuhnya. Gagasannya adalah menjadi orang suci bukan hanya wilayah segelintir atlet spritual, melainkan adalah takdir universal umat Kristen. Lebih jauh, kesucian bukanlah sesuatu yang terutama dicapai melalui sembahyang dan disiplin spritual, melainkan lebih melalui detail-detail duniawi kerja sehari-hari.

Menjadi Anggota

Keanggotaan biasanya merupakan kelanjutan dari pengenalan OD, atau lewat kekuarga yang menjadi anggota, atau melalui kontak dengan salah satu kerja korporat OD seperti sekolah atau pusat pemuda, atau lewat aktivitas lain. Seorang anggota biasanya menghadiri malam-malam rekoleksi, retret, dan kegiatan yang lain yang mendahului keputusan untuk “bersiul” (bahasa interen untuk bergabung).

Apa daya tarik OD? Pada suatu tingkat supranatural jawabannya selalu adalah Tuhan memberi seseorang panggilan pada OD. Akanntetapj dalam tataran kemanusiaan berbagai faktor bisa menjadi titik-titik daya tarik awal. Kebanyakan anggota menyatakan bahwa hal pertama yang menarik perhatian mereka adalah gagasan bahwa studi atau kerja bisa menjadi jalan menuju kesucian.

Pada dasarnya para anggota OD membuat kesepakatan: Mereka setuju untuk hidup dalam Jiwa OD dan mendukung aktivitas-aktivitas apostoliknya, dan sebagai imbalan OD sepakat untuk menyediakan formasi doktrinal dan spritual.

Beberapa istilah dalam proses keanggotaan

  1. Bersiul adalah menulis sepucuk surat  permintaan untuk masuk OD. Escriva menggunakan istilah bersiul dengan merujuk pada bunyi cerek teh yang mendesis ketika air sudah mendidih. Idenya adalah air didalam cerek sudah lama dipanaskan, persis seperti calon anggota yang “dipanaskan” lewat kontak dengan kehidupan dan aktivita OD. Seorang calon anggota memerluka izin dari direktur pusat OD setempat sebelum menulis surat.
  2. Penerimaan, merujuk pada sebuah upacara singkat dengan dua orang anggota OD lain. Yang didalamnya anggota baru secara verbal menyetujui untuk hidup dalam jiwa OD. Biasanya dilangsungkan 6 bulan setelah calon menulis surat (bersiul)
  3. Persembahan, biasanya dilaksanakan setelah 1,5 tahun setelah bersiul dan jni adalah tahapan dimana kontrak formal dilakukan antara anggota dan OD. Persembahan menandai masuknya secara yuridis formal kedalam OD, dan seorang calon anggota sudah harus mencapai usia 18 tahun.
  4. Kesetiaan, lima tahun setelah persembahan, adalah sebuah komitmen seumur hidup pada OD. Orang yang bersangkuan menjadi anggota permanen keluarga supranatural OD.

Kategori Keanggotaan.

Walaupun terdapat kategori keanggotaan yang berbeda, OD memandang itu hanya sehubungan dengan peran anggota yang ada dalam berbagai aktivitas OD. Kategorinitu adalah:

  1. Supernumerary, adalah orang yang paling kecil peluangnya untuk mengikuti berbagai aktivitas OD. Para anggota kategori ini diharapkan memberikan dukungan keuangan bagi kerja OD.
  2. Numerary, adalah anggota yang menjadikan OD sebagai keluarga dekat mereka. Membuat komitmen untuk hidup dan tinggal di pusat OD. uang yang tidak diperluakan untuk biaya hidup pribadi digunakan untuk menyokong aktivita OD.
  3. Asisten Numerary, sebuah subkelompok numerary khusus terdiri atas 4000 perempuan yang membaktikan diri untuk menangani urusan kerumahtanggan pusat-pusat dan fasilitas OD.

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *