“The Shallows”

Neil Postman, dalam bukunya yang berjudul Amusing Yourself to Death menuliskan kekhawatirannya akan generasi yang tak tahan kesusah payahan belajar dan mencari ilmu akibat terpaan teknologi audio-visual.

“Coba tanya om google”, demikianlah sebagian dari kita merekomendasikan sesuatu yang tidak diketahui. Semuanya serba Om Google. Dengan jaringan internet dan perangkat teknologi berupa gadget, laptop, ataupun personal computer kita mulai mencari apa yang tidak diketahui. Mulai dari teori-teori pelajaran, cara penggunaan alat, membeli barang, menyewa jasa, sampai mencari alamat. Dengan cepat semua bisa diakses dengan mesin pencari. Seperti itulah gambaran kehidupan digital native ataupun digital immigrant.

“Digital Native” menurut Marc Prensky merupakan gambaran seseorang (terutama anak hingga remaja) yang sejak kelahirannya telah terpapar gencarnya perkembangan teknologi, seperti perkembangan komputer, internet, animasi dan sebagainya yang terkait dengan teknologi. Sedangkan “Digital Immigrant” merupakan gambaran seseorang (terutama yang telah berumur) yang selama masa kehidupan anak hingga remaja berlangsung sebelum berkembangnya komputer.

Di era digital, kita merasakan kemudahan mengakses informasi. Dalam waktu yang cepat kita dapat memperoleh bahan informasi yang diinginkan. Mencari literatur cukup mengetik keyword sesuai tema yang diinginkan tanpa harus membaca dan membuka halaman demi halaman seperti saat mencarinya di buku. Pada akhirnya kemudahan ini membuat kita terbiasa dan merasa nyaman.

Kondisi seperti diatas, dalam jangka waktu yang lama bisa jadi akan menurunkan minat baca kita. Kebiasaan membaca artikel ringkas yang disajikan di halaman website akan membuat kita bosan ketika membaca buku. Hal yang lain adalah artikel ringkas yang disajikan dalam website tidak semuanya dibahas secara utuh dan mendalam, sehingga kita juga memahami tema tertentu dengan pengetahuan yang sempit dan dangkal. Dan akhirnya lahirlah apa yang disebut Nicholas G Carr “the shallows” yang artinya orang-orang dangkal.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *