Tips Sederhana Menjaga Ide Kamu

Ide sederhananya adalah lintasan-lintasan gagasan yang muncul dalam pikiran. Ide muncul karena memang sengaja kita cari karena menemukan masalah dan kemudian kita berusaha untuk memikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah itu. Terkadang, Ide muncul seketika dan kemudian hilang begitu saja.

Bagi sebagaian orang ide adalah sesuatu yang berharga. Terutama bagi orang-orang yang bergelut dibidang kreasi. Kehilangan ide, sama seperti kehilangan barang yang paling berharga, meskipun ide itu bukanlah sesuatu yang berwujud.

Agar tidak kehilangan ide berikut tips untuk menjaga ide :

Tulis Ide nya

Setiap kali menemukan ide maka segera tulis. Bawa selalu notebook untuk mencatat ide-ide yang muncul. Atau lebih mudahnya catat ide itu di gadget smartphone . semua ide yang muncul penting atau tidak penting harus dicatat. Karena bisa saja saat ini bukanlah ide yang penting, akan tetapi bisa menjadi penting diwaktu mendatang.

“Jika sebuah ide datang, aku akan selalu, selalu, berhenti dan mencatatnya, dimanapun aku berada, bahkan ketika aku sedang dinner”.

Issy Sharp – Pendiri Jaringan hotel Four Season

Baca ulang saat waktu luang atau luangkan waktu

Sehari ada banyak daftar ide yang tercatat. Saat waktu luang, entah saat menunggu seseorang, istirahat siang, minum kopi, terjebak macet, buka kembali daftar ide yang telah dicatat. Baca ulang ide nya kemudian seleksi ide-ide yang penting, ide yang lain tetap disimpan. Jika perlu, koneksikan ide yang satu dengan yang lainnya, barangkali idenya saling berhubungan.

Jika anda adalah orang yang memiliki jadwal yang padat, maka luangkan waktu 15 hingga 30 menit untuk membaca dan memikirkan ide yang telah dicatat. Bisa di pagi hari ataupun dimalam hari saat hendak tidur. Kelebihan dari meluang waktu khusus adalah anda bisa lebih fresh dalam membaca ide-ide itu. Pikiran lebih bisa fokus.

Kembangkan dengan berbagi cerita

Jika memungkinkan berbagilah ide itu dengan menceritakannya kepada orang-orang terdekat anda. Atau jika diperlukan ide tersebut bisa didiskusikan dengan orang yang ahli dibidangnya. Keuntungan berbagi ide adalah kita bisa mendengar lebih banyak gagasan-gagasan dari orang lain. Mendapatkan sudut pandang yang berbeda, bahkan bisa jadi mendapatkan kemudahan untuk menjalankan ide tersebut.

“Aku suka mendengarkan. Aku mempeoleh pembelajaran akan banyak hal dari mendengarkan secara serius”

Ernerst Hemingway – Novelis terkenal

Eksekusi

Ide yang baik, adalah ide yang dilaksanakan. Sesederhana apapun ide itu, dan dalam hal apapun. Ide bisnis yang bagus ketika bisnisnya sudah dijalankan. Ide tulisan yang baik, adalah yang telah diselesaikan menjadi tulisan.

Seringkali kali, kita menemukan karya orang lain yang sebetulnya karya itu juga merupakan ide kita. Tidak ada yang datang hanya dengan memikirkannya. Semua hasil penciptaan manusia adalah ide yang dilaksanakan.

Genius is 1 percent inspiration and 99 percent perspiration!”

Thomas Alfa Edison – Penemu Lampu Pijar

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *