Proyek Menulis Buku KMO Batch 07 : Goal Setting

Saya ingin manshare potongan artikel yang saya baca disitus solusicerdas.com. di dalam artikel di muat hasil penelitan bahwa, pada tahun 1952 pernah diadakan survey di Yale University kepada mahasiswa-mahasiswa di sana. Pertama mereka diberi pertanyaan “Apakah Anda mempunyai impian?” hasilnya diperoleh 30% menjawab “ya”, sedangkan 70%nya menjawab “tidak”. Kemudian 30% yang menjawab “ya” itu mendapat pertanyaan kembali “apakah Anda menulis mimpi itu dengan jelas, terukur, dapat dicapai dengan usaha sendiri, realistis dan dalam kurun waktu tertentu?” sangat mengejutkan, ternyata 97% menjawab “tidak” dan hanya 3% yang menjawab “ya”.

Tepat 20 tahun kemudian, yaitu Tahun 1972, tim survey itu mempublikasikan hasil penelitian mereka, apa yang terjadi? Ternyata 30% peserta survey yang menjawab bahwa mereka punya impian mempunyai penghasilan lebih besar dari rata-rata 70% yang menjawab tidak mempunyai impian. Mengapa ya.? Tapi itu belum seberapa. Ada yang lebih mengejutkan lagi, bahwa 3% mahasiswa yang menuliskan impian itu dengan jelas mempunyai penghasilan 5-6 kali lipat lebih besar dibanding 97% rekannya yang lain.

Saya pernah membaca strategi S.M.A.R.T yang merupakan singkatan dari pertama adalah Specific yang berarti tujuan dan yang anda inginkan haruslah spesifik, mengapa  anda menginginkannya, apa yang mendasari Anda, kapan keinginan itu ingin anda dapati, bagaimana cara Anda mendapatkannya, dimana itu bisa Anda wujudkan dan siapa yang dapat membantu anda untuk mewujudkannya. Kedua adalah Measurable yakni Terukur. Maksudnya adalah yang anda inginkan atau anda impikan masih dalam batas kemampuan Anda serta impian tersebut masil berada didalam control Anda. Ketiga adalah Achievable yang artinya bahwa sudah ada prosedur pembuktian ilmian bahwa hal itu dapat Anda raih, baik ada seseorang yang pernah meraih hal yang sama atau bahkan Anda sendiri sudah pernah meraihnya dan ingin meraih kembali. Keempat adalah Realistic yang berarti  bahwa keinginan dan impian tersebut realistis untuk diwujudkan saat ini. Kelima adalah Time bound yang artinya ada rentang waktu yang jelas dalam proses pencapaian keinginan tersebut.

Meskipun tidak wajib, kamu bisa menggunakan strategi SMART ini untuk menyusun goal hidup mu.

agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *