Proyek Menulis Buku KMO Batch 07 : Tipe Mahasiswa

Di kampus kamu akan menjumpai banyak orang. Masing-masing dengan gayanya sendiri. Mereka itu unik, sama halnya dengan kamu. Kamu itu unik, makanya jadilah dirimu sendiri, gak usah niru-niru gaya teman kamu.

Ada beberapa tipe mahasiswa yang akan kamu jumpai di kampus.

  1. Mahasiswa Academic Oriented

Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang ngejar IPK 4,01. Paling rajin kerja tugas. Duduk paling di depan saat di kelas. Paling sering angkat tangan saat dosen bertanya, dan sehari-hari membawa tas yang berisi banyak buku, salah satu bukunya itu dipegang di tangan. Dari pakaiannya, paling rapi di banding yang lain. Gak ada waktu untuk bersantai, kecuali sedikit saja. Umumnya disukai banyak dosen karena dia pintar, dan seringkali menjadi obrolan mahasiswa yang lain karena dia pelit kasih contekan tugas. Hehehe

Mahasiswa tipe ini anti nilai B. Semua nilai harus A, galau kalau dapat nilai selain A. Motto hidupnya “tiada hari tanpa belajar”. Biasanya mahasiswa tipe academic oriented, menjadi asisten dosen, tugasnya ganti dosen yang bersangkutan kalau gak sempat masuk di kelas juniornya. Mereka adalah orang-orang yang cepat wisudah.

Ngobrolin tentang orang pintar, jika kamu ingin banyak belajar baca kisah Pak Habibie, saya kira beliau adalah salah satu sumber inspirasi bagi rakyat Indonesia.

  1. Mahasiswa Aktivis

Mahasiswa tipe ini, gak terlalu ngejar IPK, yang penting bisa lolos dari standar yang ditentukan pihak kampus. Eksis menjadi tujuan utama. Sehari-hari sibuk ngurus organisasi. Rapatnya dari pagi sampai pagi (etsss). Paling kritis dengan kebijakan kampus. Paling terdepan pimpin aksi demo.

Organisasinya banyak. Mottonya “banyak organisasi, banyak rezeki”, pergaulannya bagus. Punya banyak teman, dan populer diantara kalangan mahasiswa. Tipe mahasiswa seperti ini menganggap bahwa, mahasiswa itu tidak cukup hanya dengan mengikuti kuliah di kelas, tapi harus mengembangkan kemapuan lain yang tidak diperoleh dari duduk di kelas sambil mendengarkan dosen.

Masuk kelas hanya bawa satu buku tulis dengan pulpen, lebih sering bawa kertas selembar saja, duduknya di bagian pojok belakang. Kadang masuk kelas, kadang juga bolos kelas.

  1. Mahasiswa Enterpreneur

Ada juga tipe mahasiswa yang semuanya dinilai dengan uang. Apa saja bisa jadi uang. Mahasiswa wirausahawan namanya. Bakatnya di bidang bisnis sangat menonjol sementara jurusannya dia tidak tahu sama sekali. Kalau di kepanitiaan acara tertenu selalu ditempatkan di bagian pencarian dana. Sama seperti tokoh si Mail dalam tokoh katun Upin dan Ipin.

Biasanya tipe mahasiswa ini akan fokus ke bisnisnya dibanding ngurus kuliahnya. Kuliah yang pertama, jualan yang utama. Baiknya mahasiswa tipe ini setelah lulus tidak pusing mau cari kerja dimana. Bisnisnya sudah mapan, bahakan dia bisa mempekerjakan orang, termasuk masiswa yang lulus dengan IPK 4 koma nol.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa tipe ini, kamu bisa belajar dari kisah pak Chairul Tanjung dalam bukunya Si Anak Singkong, siapa tahu nanti kamu yang jadi si anak ubi.

Apapun tipe nya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada prinsipnya yang penting kamu bisa menyeimbangkan aktivitasmu. Kunci yang kedua adalah, sejauh mana kamu sebagai mahasiswa bisa bermanfaat untuk orang-orang yang ada disekitarmu.

Succsess is not always measured by good academic grades.

Adalah cara pandang yang lama dan juga sempit ketika mengukur kesuksesan hanya memakai indikator. Celakanya di masyarakat kita justru inilah yang berkembang dan dianggap bagus, terutama bagi masyarakat indonesia. Memang itulah yang terjadi. Tapi tak menjadi soal, kamu bisa membuktikannya.

Banyak orang sukses tapi saat kuliah nilainya tidak terlalu bagus, bahkan ada beberapa yang drop out . Saya tidak mendikte kamu, bahwa gak usah memperhatikan nilai, hanya saja saya ingin memberikan paradigma atau cara pandang tentang kesuksesan.

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *