Ice Kepo dan Sejarah Ice Cream

Bagi penikmat es krim (ice cream) tentu sudah banyak mencicipi aneka rasa es krim dengan berbagai macam bentuk sajiannya. Meski banyak yang suka ice cream tapi tak banyak yang tahu bagaimana sejarah ice cream.

Banyak versi, salah satu versinya saya kutip di halaman https://oligolis.wordpress.com . Dikisahkan bahwa  es krim sudah mulai dikenal sejak jaman Romawi saat diperintah oleh Kaisar Nero. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan detil sebuah pesta. Dimana pada salah satu hidangannya adalah es yang diambil dari penggunungan dengan dihiasi buah-buahan.Tapi yang paling awal mengenalkan es krim dengan bentuk seperti sekarang adalah Kaisar Tang dari Dinasti Shang, China. Kaisar Tang adalah raja yang memiliki citarasa tinggi terhadap makanan dan minuman. Masakan Cina dimasa itu betul-betul dibuat menjadi masakan kelas dunia. Para juru masak terbaik dari seluruh Cina dikumpulkan, mereka diberikan jenjang atau tingkat keahlian. Teknik memotong dan menggoreng jadi sebuah kebanggaan bagi para ahli juru masak Cina. Ketika disajikan es yang diambil dari salju yang turun, Kaisar tidak segera menyantap begitu saja es yang tersedia. Dia meminta agar es dicampur dengan susu sapi, tepung dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Mulailah dikenal di kalangan istana es krim yaitu es yang berupa adonan beberapa bahan.Awalnya es krim terbuat dari es salju yang dicampur lemak susu, buah-buahan dan diberi berbagai macam adonan sehingga lembut dan nikmat. Di Eropa, es krim dibawa dan diperkenalkan oleh Marcopolo. Dimasa itu yang namanya hidangan dari es adalah hidangan untuk kaum bangsawan. Apalagi ketika listrik belum ditemukan, orang berusaha membuat es dengan cara membuat mesin minyak tanah. Mereka tidak lagi harus menunggu musim salju tiba, tapi dengan teknologi bisa membuat air beku. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh para bangsawan dan orang-orang kaya sehingga sampai tahun 1600-an es merupakan hidangan mewah.

Di Indonesia, es krim dibawa oleh Belanda. Ice Cream Saloon adalah es krim pertama yang hanya bisa dinikmati di kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang dan Surabaya. Saat itu es krim merupakan barang mewah dan mahal dan mahal, dan kebanyakan hanya orang Belanda saja yang menikmatinya.

Es Krim berkembang dengan berbagai macam variannya. Salah satu diantaranya adalah Ice KEPO. Ice KEPO adalah hasil kreasi Agus Haruna bersama Iffah Tsabita Ihsani pada tahun 2016. Logo Ice KEPO hasil kreasi Yusuf Sangdes. Di launching pada tanggal 28 Oktober 2016. Ice KEPO adalah produk es krim yang memadukan cita rasa es krim dan poteng (tape ubi) hingga menciptakan rasa yang unik. Salah satu nilai yang dibawa adalah cita rasa tradisional dan modern dan merupakan produk anak Indonesia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *