Apakah Tulisan Feature Sesungguhnya?

Pertama kali mendengar tentang tulisan feature itu dari Om Lebug. Disuatu pertemuan dengan teman-teman Anak Nusantara Duta Damai, Om Lebug bercerita tentang tips dan trik menulis. Diakhir-akhir pertemuan itulah disampaikan tentang tulisan feature dan merekomendasikan buku yang ditulis Goenawan Muhamad “ Seandainya Saya Wartawan Tempo”.

Saya mulai tertarik dengan tulisan feature dan tanpa pikir panjang saya langsung memesan buku yang direkomendasikan di tempostore.

Nah apa sesungguhnya Feature itu?

Dalam tulisannya Mas Goen mengungkapkan bahwa “lebih mudah mengatakan, “ini feature dan ini bukan feature,” ketimbang “feature adalah….”.

Tetapi lanjut beliau, setidaknya ada batasan klasik yang bisa dijadikan acuan dasar : “ Feature adalah artikel kreatif, kadang-kadang subjektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan, atau aspek kehidupan.”

Tentang tulisan feature, saya memahaminya bahwa tulisan feature adalah salah satu bentuk tulisan yang dikemas dengan gaya penulisan yang ringan, tidak membuat pembaca bosan, memberi informasi lebih dalam, tanpa menafikan fakta yang terjadi dilapangan.  Tulisan ini berbeda dengan tulisan berita-berita dikoran pada umumnya. Terutama dari segi batasan waktu, tulisan feature “lebih awet” dibanding tulisan di koran pada umumnya.

Tulisan feature menjadi penting bagi blogger agar tulisan-tulisan yang disajikan di blog enak dibaca pengunjung. Tetapi tentu saja yang lebih penting adalah ide dan konten tulisannya.

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *