“Berubahnya Mi Dunia”

Jumat kemarin Dr Yasin Limpo yang juga Gubernur Sulawesi Selatan disalah satu mesjid, didepan jamaah jumat membuka sambutannya dengan mengatakan “dunia berubah”.

Kalimat pembuka ini seakan-akan ingin membangunkan orang-orang yg masih tertidur, menyadarkan bagi yang belum sadar. “Oiii bangun ki’, sadarki’, dunia sudah berubah”

Pada kenyataannya teknologi yang berkembang, hampir mengubah seluruh lini kehidupan kita. Mulai dari pola kita berkomunikasi, berinteraksi, cara pemenuhan kebutuhan, transaksi ekonomi, semuanya berubah.

Namun hal yang menarik adalah apa yang dikemukakan Peter Thiel. Bahwa
segala kondisi perubahan yang terjadi saat ini sifatnya kemajuan horizontal. Globalisasi adalah kata untuk menggambarkan kondisi saat ini, mengambil hal-hal yang sudah berhasil di suatu tempat kemudian mengupayakan agar hal yang sama juga berhasil di tempat lain.
Suatu saat ini akan mendapati titik jenuhnya.

Mesti sejak dari sekarang yang harus didorong adalah perubahan yang sifatnya kemajuan vertikal. Kemajuan vertikal ditandai dengan kemajuan teknologi yakni penciptaan sesuatu yang baru ataulah cara yang lebih baik.

Prinsip kemajuan horizontal dalam adalah DUPLIKASI. Prinsip kemajuan vertikal adalah MENCIPTAKAN. Penciptaan itu sesuatu yang baru ataupun cara yang baru.

Pada tataran lain dalam konteks Fiqh islam juga demikian. Para ulama mujtahid juga berjibaku untuk membaca zaman dan melahirkan fatwa-fatwa yang kontemporer. Sebab jika tidak umat islam akan berada pada situasi yang gamang, bingung menghadapi perubahan zaman.

Konteks gerakan juga demikian. Gerakan harus senantiasa melakukan perubahan menuju kemajuan-kemajuan yang bukan hanya sifatnya kemajuan horizontal akan tetapi juga kemajuan vertikal. Gerakan islam bukan hanya menduplikasi cara (manhaj) dari waktu ke waktu, atau menduplik├ási “manusia” dari tempat ketempat yang lain. Gerakan islam harus Menciptakan “manusia baru” dan juga cara (Manhaj) gerakan baru yang compatible dengan zaman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *