Dunia Ide

Saat ini revolusi digital memasuki gelombang ketiga. Gelombang pertama dimulai dari pengembangan transistor dan sirkuit, berkembamg menjadi komputer. Selanjutnya para inovator memanfaatkan internet , perangkat seluler dengan konten masing-masing, itulah gelombang kedua. Gelombang ketiga dari revolusi ini adalah terbukanya konektivitas global dan terbentuknya kecerdasan kolektif.

Ruang dan waktu sangat dinamis. Bergerak cepat dan sulit ditebak. Apa yang dulu mustahil, menjadi hal yang biasa-biasa saja saat ini.

Peter  Fisk dalam bukunya mengutip apa yang diungkapkan Meeker bahwa Kurang lebih 24% penduduk dunia memiliki smartphone, dan setiap harinya pengguna ini akan membuka ponselnya 150 kali. Artinya selama sehari akan menghabiskan waktu bersama ponselnya selama 141 menit.

Smartphone, komputer, internet, konektivitas, aplikasi, jejaring sosial. Apakah hanya sekedar itu?. Rasanya tidak sekedar itu. Kesemuanya itu hanyalah buah dari pertarungan di era saat ini. Pertarungan itu adalah pertarungan “IDE”.

Kita hidup di dunia yang lebih setara dan terjangkau. Ide bisa lahir dari siapapun. Siapa yang mampu berpikir cerdas, lebih luas, lebih baik, lebih cepat, dan dengan cara yang berbeda, maka dialah yang akan keluar sebagai pemenang.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *