8 Sifat Sukses yang Perlu Anda Miliki

The 8 Traits Succesful People Have in Common : 8 To Be Great, adalah salah satu buku yang ditulis oleh Richard St. John. Jika Anda meminta saya untuk merekomendasikan buku untuk menjawab pertanyaan, “Apa yang membuatmu sukses?” maka saya akan merekomendasikan buku ini sebagai salah satunya.

Buku ini merangkum hasil wawancara yang dilakukan kepada lebih dari 500 orang sukses. Sebutlah beberapa diantaranya Bill Gates, Larry Page, David Baldacci, dan sederet nama-nama lain yang akan Anda jumpai ketika membaca buku ini. Berbagai pengalaman real dan sejumlah quote menarik dari orang-orang sukses yang membuat kita takjub.

8 To Be Great adalah delapan sifat yang akan mengantarkan kita mencapai kesuksesan. Delapan sifat ini menjadi karakter yang melekat kuat pada orang-orang sukses. Kabar gembiranya adalah delapan sifat ini bukanlah sifat genetis yang diwariskan. Delapan sifat ini adalah :

1. Passion

” Mereka yang berhasil sampai ke puncak adalah mereka yang akan melakukan apa pun yang mereka cintai, bahkan meski mereka tidak dibayar.” (Quincy Jones)

2. Kerja

Yaaaa…. Sukses tidak akan datang dengan hanya mengikuti seminar atau hanya sekedar membaca buku motivasi yang bertema “sukses”. Nyatanya orang-orang sukses adalah pekerja keras. Hanya saja orang sukses bukanlah workaholik, tapi mereka adalah workafrolik.

3.Fokus

“Jika Anda ingin membuat perusahaan perangkat lunak yang besar, buatlah perangkat lunak saja. Tidak usah mencoba-coba bidang yang lain.” (Bill Gates)

4. Motivasi

Anda harus menemukan motiv untuk sukses. Tahu kemana dan apa yang akan kita tuju adalah sumber motivasi. Lebih dari itu merawat motivasi juga sesuatu yang penting. Dengan apa kita merawatnya? Challange, time, comfort zone, dan competition, pada hal-hal tersebut kita bisa merawat motivasi.

5. Ide

Setiap orang itu creatif, hanya saja tidak sedikit orang yang sadar bahwa dirinya itu unik. Terlebih lagi mereka tidak tahu dan tidak berusaha untuk mengetahui bagaimana mendapatkan ide. “Jaman now”, ide adalah barang mewah, ide adalah komoditi yang sangat mahal. Nah jika Anda ingin tahu bagaimana cara mendapatkan ide maka sempatkan membaca buku ini.

6. Pengembangan Diri

Waktu akan melenyapkan orang-orang yang tidak lagi relefan dengannya. Maka jika Anda tidak ingin lenyap dari peredaran waktu, jalan satu-satunya adalah terus mengembangkan diri. Bagaimana caranya?. Dalam buku ini dituliskan beberapa cara, tapi pada intinya adalah terus belajar.

7. Melayani

Melayani adalah tentang nilai apa yang Anda berikan kepada orang lain. Penghargaan akan Anda peroleh dengan memberikan pelayanan dengan nilai-nilai yang mereka hargai.

8. Tekun

Kesuksesan itu butuh 10 tahun, kata penulis buku ini. Yahh, kesuksesan butuh waktu, maka selamat ber-tekun ria menuju kesuksesan Anda.

 

Pada akhirnya, 8 sifat sukses secara garis besarnya Anda sudah baca. Tentu saja apa yang saya tuliskan tidaklah mencukupi hasrat Anda, maka untuk lebih menguatkan lagi Anda memang perlu membaca bukunya secara tuntas.

Bagi saya pribadi 8 sifat ini belumlah cukup, maka saya menambahkan satu sifat lagi. Sifat itu adalah Doa. Penyerahan diri secara totalitas kepada Dzat yang mengatur kehidupan ini dengan begitu apik.

 

 

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *