5 Tips Sederhana Cinta Rupiah yang Gak Bikin Sakit Hati Lagi

Pernah gak kalian ngalami kejadian, kalian beli barang yang kalian suka sekali, barangnya sudah lama ditunggu-tunggu, trus akhirnya ada kesempatan beli, barangnya sudah ditangan trus penjualnya minta dibalikin lagi. Kenapa? Kerena duit yang kalian pake gak laku karena duitnya sudah sobek, lusuh, trus ada tulisan no Hp nya lagi.

Kalau pernah rasain gimana kecewanya, kalian pasti gak bakalan mau peristiwa itu terulang untuk kedua kalinya dalam hidup kalian.

Sakit banget kan…… ?

Sadar gak kalau itu gak bakalan terjadi kalau seluruh masyarakat kita Cinta Rupiah. Ah, masa sih ada orang yang gak Cinta Rupiah?.

Pertanyaan yang bagus. Secara kasat mata mungkin kita melihat semua orang cinta rupiah, bahkan ada yang rela pergi pagi pulang pagi hanya untuk dapatkan yang namanya Rupiah. Tapi, jika kita melihat lebih dalam, sebenarnya kebanyakan orang mencintai rupiah dari nilai nya saja. Punya uang, tapi uangnya tidak dijaga baik-baik. Dia tidak mencintai Rupiah secara utuh. wetssss

Tak kenal maka tak cinta

Saya ingin sharing sedikit apa yang saya baca dalam situs liputan6.com ternyata mata uang rupiah kita memiliki nilai yang sangat unik diantara mata uang negara lain.

“Diungkap dosen University of Amsterdam Ed Caffin dalam tulisannya, rupiah memiliki desain yang cantik. Menurutnya jarang sekali mata uang yang memiliki keindahan pola seperti yang disajikan rupiah.

Tak seperti kebanyakan negara lain, Caffin yang pernah mengerjakan sejumlah proyek penelitian di Indonesia menilai rupiah sangat menarik untuk dipandang. Sebagai negara yang kaya akan budaya, tentu agak sulit untuk memilih gambar mana yang sesuai mewakili Indonesia di dalam rupiah.

Selain itu, rupiah juga merupakan mata uang yang berkarakter. Desain dan gambar-gambar di mata uangnya baik logam maupun kertas sering berubah. Namun seri rupiah yang terbaru menyuguhkan gambar-gambar pahlawan nasional dan berbagai budaya khas Indonesia.

Oleh karena itu, tak heran jika uang kertas rupiah pecahan 10.000 masuk dalam daftar uang terkeren di dunia, seperti yang ditulis telegraph pada Mei tahun 2016.”

Rupiah kita mendapat pengakuan dari warga negara lain, lalu kenapa kita tidak mau mencintai rupiah.

Nah gimana sih men-Cintai Rupiah secarah utuh?

Mencintai Rupiah secara utuh itu, mencintai rupiah bukan hanya dari nilainya saja, tapi juga menjaga fisiknya. Karena dengan menjaga fisiknya berarti kita menjaga nilainya. Trus kongkretnya bagaimana?

Ini ada tips dari Bank Indonesia tentang bagaimana cara menjaga dan merawat rupiah yang baik dan benar. Tips ini sekaligus kampanye Gerakan Cinta Rupiah  dari Bank Indonesia. Ada 5 cara, yaitu :

  1. Jangan Dilipat
  2. Jangan Dicoret
  3. Jangan Distepler
  4. Jangan Diremas
  5. Jangan Dibasahi

 

Kalian sudah tahu kan?.

Nah saya tambahkan satu lagi JANGAN BERHENTI. Jangan berhenti pada titik sekedar tahu, sekarang kita bergerak kampanyekan gerakan ini sebagai gerakan yang masif se-Indonesia. Edukasi keluarga kita juga orang-orang dekat kita. Bagi kita anak muda millenials, viralkan gerakan ini di media sosial yang kamu punya agar semua orang Cinta Rupiah. Dengan begitu kita bisa mencegah jatuhnya korban sakit hati gak bisa beli barang karena uangnya gak laku. Hehehehe

Sebenarnya sih bukan masalah sakit hati atau tidak, merawat uang rupiah kita akan menjaga kelangsungan transaksi dengan menggunakan Rupiah. Itu berarti kita turut membantu menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan juga membangun kepercayaan dunia pada Rupiah kita. Ini tentang Mencintai Indonesia.

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *