3 Jenis Investasi yang Harus Teman Kepo Lakukan

Selamat sore kawan kepo…

Sore ini saya akan berbagi melalui blog ini tentang investasi. Tapi jangan langsung stop bacanya ya hanya karena kata-kata investasi. Tulisan ini bukan untuk menjelaskan investasi tertentu kepada teman-teman. Bukan juga untuk mengajak teman kepo untuk masuk dan berinvestasi ke bisnis tertentu.

Saya ingin berbagi tentang investasi apa yang harus kita lakukan. Saya hanya mencoba menshare  sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang investasi. Terutama kemana saya menginvestasikan uang yang saya dapatkan dari hasil bekerja ataupun reski yang tidak disangka-sangka.

Berinvestasilah untuk peningkatan kualitas pribadi

Investasi yang pertama ini kaitannya dengan kapasitas Anda yang harus ditingkatkan. Kapasitas itu bisa berupa ilmu pengetahuan atau skill yang senantiasa harus kita kembangkan. Dunia terus berkembang maka kita juga harus mengembangkan diri. Caranya adalah dengan mengalokasikan dana untuk menambah pengetahuan Anda. Membeli buku untuk dibaca, mengikuti kursus, meningkatkan strata pendidikan ataupun hal lainnya.

Pada intinya investasi ini kita lakukan agar kita tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Berinvestasilah untuk peningkatan isi tas pribadi

Peningkatan isi tas, juga sangat penting. Terkadang pikiran kita mumet kalau kas bermasalah. Maka kita penting untuk berinvestasi disektor ini. Tapi pada dasarnya investasi untuk jenis ini butuh waktu yang lama dan resiko yang tinggi. Oleh karena itu, kita perlu belajar (kembali lagi ke investasi yang pertama). Caranya bagaimana?

Jika Anda punya dana dan tidak punya waktu untuk membangun bisnis, maka Anda bisa join sebagai pemilik modal untuk bisnis tertentu. Nanti setiap tahunnya bisa share profit. Yang paling sederhana bisa juga berinvestasi dengan membeli tanah, emas, atau barang-barang tertentu yang nilainya tetap atau bertambah.

Yang harus kita pastikan sebenarnya adalah uang yang kita dapatkan tidak habis begitu saja tanpa kita tahu kemana uang itu kita belanjakan.

Berinvestasilah untuk kehidupan akhirat

Terakhir adalah investasi yang paling penting, investasi untuk kehidupan akhirat. Didunia kita hanya sementara, akhirat kita akan hidup abadi. Maka kita harus mempersiapkan bekal untuk akhirat kita. Investasi akhirat tidak hanya terbatas pada modal uang semata. Tenaga, waktu, pikiran, dan juga uang adalah modal kita. Akan tetapi, karena kita temanya tentang investasi uang, maka investasikan uang kita dengan bersedekah, zakat, bangun mesjid, haji dan umrah, dan amal-amal yang lain.

Demikian 3 investasi yang bisa saya share ke teman kepo. Kalau ada yang lain lagi sila berbagi di kolom komentar.

You May Also Like

About the Author: agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *